Selasa, 08 Maret 2011

contoh Karya Tulis Ilmiah


LAPORAN
KEGIATAN STUDY WISATA KE BALI
SMP NEGERI 1 CLURING












 











Oleh
Penyusun
                                                                         Miftahudin(34-068-070-3)


SMP NEGERI 1 CLURING
Jalan Jendral Basuki Rahmat No 56 Cluring
2011


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikan sehingga kami dapat melaksanakan study wisata ke Bali sebagai bahan untuk menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam bentuk laporan kegiatan.
Terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru yang mendampingi kami untukmencari sumber data untuk bahan menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yang di tulis dalam bentuk laporan kegiatan.
Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan informasi penting untuk bahan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang ditulis dalam bentuk laporan kegiatan.
Terakhir kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman atas kerjasama yang baik sehingga bisa memperoleh informasi yang lengkap.
Laporan kegiatan ini kami susun untuk memenuhi tugas pembelajaran Bahasa Indonesia, bahan Ujian Praktek Bahasa Indonesia, dan bahan evaluasi kegiatan study wisata yang berikutnya. Semoga Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini berguna untuk kita semua.

Cluring, 19 Februari 2011
Penyusun
DAFTAR ISI

Judul ............................................................................................................... i....
Kata pengantar............................................................................................... ii
Daftar isi........................................................................................................ iii
Daftar Lampiran............................................................................................ iv....
Bab I   : Pendahuluan
1.1 Latar Belakang.............................................................................. 1
1.2 Tujuan........................................................................................... 2
Bab II : Kajian Pustaka.................................................................................. 4
Bab III......................................................................... : Pelaksanaan Kegiatan........ 6
Bab IV................................................................... : Data / Hasil Yang dicapai........ 8
Bab V : Penutup........................................................................................... 12........ 5.1 Kesimpulan
            5.2 Saran
Daftar Pustaka.............................................................................................. 13........
Lampiran – Lampiran................................................................................... 14

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1          : Daftar nama tim penyusun
Lampiran 2          : Jadwal Kegiatan




















BAB I
PENDAHULUAN

I.I  LATAR BELAKANG
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Dengan penguasaan keterampilan ini para siswa diharapkan dapat menyampaikan ide-idenya sistematis dan komunikatif untuk menulis Laporan Kegiatan Study Wisata ke Bali.
Dalam praktiknya, siswa sering mengalami banyak kesulitan dalam mengaktualkan keterampilan menulis, kesulitan tersebut tampak dalam mengawali tulisan, menuangkan ide dengan kata-kata yang tepat, mengorganisasikan ide dan menggunakan tulisan secara tepat dalam penulisan Laporan Kegiatan Study Wisata ke Bali.
Bali dikenal sebagai pulau yang mayoritas beragama hindu tetapi kami yang beragama islam dengan mudah menemukan tempat beribadah.
Budaya pemakaman di Bali dikenal hingga mancanegara namun kami warga yang dekat dengan Bali belum mengerti budaya pemakaman di Bali dengan baik.
Pengunjung Bali terdiri dari wisatawan domestic dan mancanegara. Tapi kelihatannya wisatawan mancanegara lebih mendominasi. Tentunya disana bahasa yang sering digunakan adalah bahasa inggris yang telah mendunia. Namun kenyataannya bahasa inggris hanya digunakan antara wisatawan mancanegara dengan wisatawan mancanegara lainnya. Sedangkan para pedagang, warga sekitar, dan wisatawan domestik lebih sering berkomunikasi dengan bahasa mereka masing-masing.
Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) sangatlah menggencarkan dunia. Patung yang diprakarsai I Nyoman Nuarta ini rencananya akan menjadi patung tertinggi di dunia. Akan tetapi pembangunannya belum selesai 100% melainkan hanya 25% saja. Karena tidak ada biaya.
Garuda Wisnu Kencana (GWK) berada di bukit Ungasan 3km dari Denpasar. Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini berada di ketinggian 146m di atas permukaan tanah. Dengan ketinggian seperti itu bisa kita melihat pemandangan di Bali. Akan tetapi kita tidak bisa melihat pulau Bali sepenuhnya.
Keterampilan di Bali menjadi primadona di dunia ternyata keterampilan tersebut berasal dari daerah-daerah luar Bali. Seperti batik yang berasal dari Solo dan Yogyakarta. Ukiran yang berasal dari Jepara.
1.2 TUJUAN
TUJUAN UMUM
Study wisata bertujuan untuk mengoptimalkan siswa melalui penerapan suatu strategi menulis dengan menggunakan metode pengamatan dan wawancara secara langsung ke objek wisata dengan variasi teknisnya.

TUJUAN KHUSUS
A.    Membantu dalam menemukan ide-ide atau materi yang akan ditulis.
B.     Memperkaya kosakata dan penggunaan struktur kalimat.
C.     Membantu dalam mengorganisasikan ide-ide yang akan ditulis meliputi :
1.    Pelaksanaan ibadah para wisatawan di Bali.
2.    Keberadaan, peralatan ibadah, dan kebersihan tempat ibadah.
3.    Asal budaya pemakaman di Bali.
4.    Macam-macam bahasa yang ada di Bali dan penggunaannya.
5.    Pemrakarsa Garuda Wiosnu Kencana, kenapa didirikan dan untuk apa didirikan Garuda Wisnu Kencana.
6.    Tinggi Garuda Wisnu Kencana dan tinggi bukit Ungasan.
7.    Apa saja jenis keterampilan di Bali dan dari mana asal keterampilan tersebut.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Muhammad Hassanudin mengatakan di jaringan online di Bali ada 5 tempat ibadah mulai dari Masjid, Pura, Gereja Katholik dan Protestan, hingga Vihara berdampingan tanpa ada sedikitpun pertikaian, bahkan hal tersebut semakin meningkatkankerukunan antara umat beragama. ( http//:oase,kompas.com ) (senin,16 Agustus 2010).
Dalam jaringan sosial Hadi Prasetyo mengatakan upacara ngaben itu untuk mengembalikan roh leluhur (orang yang sudah meninggal) ke tempat asalnya. Seorang Pendanda mengatakan manusia memiliki Banyu, Sabda, Idep, dan setelah meninggal Banyu, Sabda, Idep itu dikembalikan ke Brahma, Wisnu, Siwa. (http//:F3dOom.blogSpot.com) (2010).
Bahasa Bali adalah sebuah bahasa Austronesia dari cabang Sundik dan lebih spesifik dari cabang Bali-Sasak. Di Bali sendiri Bahasa Bali memiliki tingkatan penggunaannya. Misalnya ada yang disebut Bali Alus, Bali Mady dan Bali Kasar. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya di Bali. Sedangkan bahasa Inggris adalah bahasa ketiga (dan bahasa asing utama) bagi seluruh masyarakat yang dipengaruhi oleh kebutuhan yang besar dari industri pariwisata. (www.wikipediabahasaBali.com) (Liliana, 20 Oktober 2010)
Sejarah Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dunia. Wisnu – simbol Hindu yang melambangkan kekuatan utama pemelihara alam semesta yang mendominasi kawasan ini.
Garuda – seekor burung besar yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu sebagai perlambangan kebebasan sekaligus pengapdian tanpa pamrih. (www.aboutBaliwordpress.com) (Desiana Putri, 2008)
Menurut astro Bali Garuda Wisnu Kencana terletak diatas dataran tinggi batu kapur padas dan menatap kewasan wisata dipesisir. Selatan Bali Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 tal, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. (http//:astrobali.com) (Yudianto, 16 Juli 2009)
Menurut Agus Sudibyo budaya mematung dan mengukir di Bali sudah ada sejak zaman primitif jauh sebelum kedatangan pendeta India yang membawa agama Hindu masuk ke Bali pada abad pertama Masehi. Dahulu, penduduk asli Bali menganut agama politeisme yang memuja banyak Dewa dan mereka biasa mengukir patung untuk pemujaan. Keika agama Hindu datang ke Bali, hingga kini, dapat kita temmui patung dan ukiran di segala tempat mulai dari patung penjaga rumah, altar pemujaan, elemen ukiran di setiap sudut rumah, hingga gambar epik Ramayana atau Mahabharata. (http//:images from bali.com) (2007)


BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN


1.1   Bidang Agama
3.1.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
3.1.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
3.1.3  Peserta   : Fitroh Dwi Hartanto
3.1.4 Kegiatan   : 1) Mencari data tentang pelaksanaan ibadah para wisatawan dari Bali.
                          2) Keberadaan, peralatan ibadah dan kebersihan tempat ibadah.

1.2   Bidang Seni budaya
3.2.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
3.2.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
3.2.3  Peserta   : Adi Prasetya
3.2.4 Kegiatan                                      : 1) Mencari data tentang asal budaya pemakaman di Bali.

1.3   Bidang Bahasa
3.3.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
3.3.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
3.3.3  Peserta   : Ika Ayu Yulianti
3.3.4 Kegiatan       : 1) Mencari data tentang macam-macam bahasa yang ada di Bali dan penggunaannya.
1.4   Bidang Sejarah
3.4.1  Waktu    : Sabtu, 14.00 – 15.30 WITA
3.4.2  Lokasi    : Garuda Wisnu Kencana, Bali
3.4.3  Peserta   : Miftahudin
3.4.4 Kegiatan       : 1) Mencari data tentang pemrakarsa Garuda Wisnu Kencana, mengapa Garuda Wisnu Kencana didirikan dan untuk apa didirikannya Garuda Wisnu Kencana.

1.5   BIdang Geografi
3.5.1  Waktu    : Sabtu, 14.00 – 15.30 WITA
3.5.2  Lokasi    : Garuda Wisnu Kencana, Bali
3.5.3  Peserta   : Ganis Putri Asti
3.5.4 Kegiatan          : 1) Mencari data tentang tinggi Garuda Wisnu Kencana dan ketinggian Bukit Ungasan.

1.6   Bidang Keterampilan
3.6.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
3.6.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
3.6.3  Peserta   : Hikmatul Fajril M
3.6.4 Kegiatan          : 1) Mencari data tentang jenis keterampilan di Bali dan asal keterampilan tersebut.
    

  
BAB IV
DATA / HASIL YANG DI CAPAI

4.1  BIDANG AGAMA
4.1.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
4.1.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
4.1.3  Peserta   : Fitroh Dwi Hartanto
4.1.4 Kegiatan   : 1. Mencari data tentang pelaksanaan ibadah para wisatawan dari Bali.
                          2. Keberadaan, peralatan ibadah dan kebersihan tempat ibadah.
4.1.5 Data hasil yang dicapai :
1.      Para wisatawan di Bali melaksanakan ibadahnya di lokasi-lokasi yang telah di sesuaikan.
2.      Keberadaan tempat ibadah disana mudah di jangkau, peralatan ibadahnya lengkap dan memadai namun kebersihan tempat ibadahnya kurang bersih.
4.2  BIDANG SENI BUDAYA
4.2.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
4.2.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
4.2.3  Peserta   : Adi Prasetya
4.2.4 Kegiatan                                      : 1.  Mencari data tentang asal budaya pemakaman di Bali.

4.2.5 Data hisil yang dicapai :
1.    Budaya pemakaman di Bali berasal dari Bali itu sendiri yang telah dilakukan secara turun temurun.
4.3  BIDANG BAHASA
4.3.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
4.3.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
4.3.3  Peserta   : Ika Ayu Yulianti
4.3.4 Kegiatan       : 1. Mencari data tentang macam-macam bahasa yang ada di  Bali dan penggunaannya.
4.3.5 Data hasil yang dicapai :
1. Bahasa yang digunakan di Bali sangat beragam seperti bahasa Indonesia, Jawa, Bali, Inggris.
2.  Bahasa itu hanya digunakan dengan yang mereka kenal. Seperti bahasa Indonesia yang digunakan hanya antara pemandu wisata dengan wisatawan domestik, bahasa Jawa hanya digunakan antara orang-orang dari Jawa, bahasa Bali hanya digunakan antara orang-orang yang berasal dari Bali saja, bahasa Inggris hanya digunakan antara pemandu wisata dengan wisatawan mancanegara.




4.4  BIDANG SEJARAH
4.4.1  Waktu    : Sabtu, 14.00 – 15.30 WITA
4.4.2  Lokasi    : Garuda Wisnu Kencana, Bali
4.4.3  Peserta   : Miftahudin
4.4.4 Kegiatan       : 1. Mencari data tentang pemrakarsa Garuda Wisnu Kencana, mengapa Garuda Wisnu Kencana didirikan dan untuk apa didirikannya Garuda Wisnu Kencana.
4.4.5 Data hasil yang dicapai :
1. Pemrakarsa dari Garuda Wisnu Kencena yaitu I Nyoman Nuarta.
2. Karena ingin membuat sejarah baru di dunia.
3. Untuk menghormati Dewa Wisnu dan kepahlawanan Garuda.

4.5  BIDANG GEOGRAFI
4.5.1  Waktu    : Sabtu, 14.00 – 15.30 WITA
4.5.2  Lokasi    : Garuda Wisnu Kencana, Bali
4.5.3  Peserta   : Ganis Putri Asti
4.5.4 Kegiatan          : 1. Mencari data tentang tinggi Garuda Wisnu Kencana dan ketinggian Bukit Ungasan.
4.5.5 Data hasil yang dicapai :
1. Tinggi patung Garuda Wisnu Kencana sekitar 146 m.
2. Tinggi Bukit Ungasan yaitu sekitar 263 m dari laut.
4.6  BIDANG KETERAMPILAN
4.6.1  Waktu    : Minggu, 14.00 – 16.00 WITA
4.6.2  Lokasi    : Tanah Lot, Bali
4.6.3  Peserta   : Nikmatul Fajril M
4.6.4 Kegiatan          : 1. Mencari data tentang jenis keterampilan di Bali dan asal usul keterampilan tersebut.
4.6.5 Data hasil yang dicapai :
1. Jenis keterampilan yang ada di Bali yaitu patung, ukiran, batik, rotan, janur, lukis, dan tato.
2. Keterampilan tersebut beberapa ada yang dari luar Bali. Seperti batik yang berasal dari Yogyakarta dan Solo, ukiran yang berasal dari Jepara.


BAB V
PENUTUP


5.1       Kesimpulan
Tujuan kegiatan study wisata ke Bali 2010/2011 belum tercapai sepenuhnya. Karena ada lokasi yang dipindahkan secara mendadak, seperti objek wisata ke pasar Sukowati dialihkan ke Krisna, sehingga data–data tentang macam–macam dan assal usul keterampilan di Bali tidak kami peroleh secara maksimal.

5.2       Saran
Study wisata yang berikutnya sebaiknya direncanakan dengan pasti terlebih dahulu. Agar tidak terjadi Kendal-kendala, seperti pengalihan lokasi tujuan study wisata karena ada suatu halangan, maka panitia hendaknya selalu berkoodinasi dengan pemandu wisata dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA

Hasanudin, Muhammad.(http//:oase.Kompas_Bali.com). Tempat Ibadah di Bali. (20 Februari 2011).(16 Agustus 2010)
Liliana.(www.wikipediabahasaBali.com). Bahasa Bali. (20 Februari 2011).
(20 Oktober 2010)
Prasetyo, Hadi.(http//F3dOom.blogSpot.com), Pemakaman di Bali.
(20 Februari 2011).(2010)
Putri, Desiana.(www.aboutBaliwordpress.com). Sejarah patung Garuda Wisnu Kencana.(20 Februari 2011).(20 Oktober 2010)
Sudibyo, Agus. (http//:imagesFromBali.com). Keterampilan Patung dan Ukir.
(20 Februari 2011).(2007)


LAMPIRAN I

DAFTAR NAMA ANGGOTA TIM
PENYUSUN LAPORAN KEGIATAN STUDY WISATA KE BALI

1.      Adi Prasetyo                           (34 – 068 – 038 – 3 )
2.      Fitroh Dwi Hartanto               (34 – 068 – 055 – 2 )
3.      Ganis Putri Asti                      ( 34 – 068 – 058 – 7)
4.      Ika Ayu Yulianti                     ( 34 – 068 – 063 – 2)
5.      Miftahudin                              (34 – 068 – 070 – 3 )
6.      Nikmatul Fajril M                   (34 – 068 – 074 – 7 )

LAMPIRAN 2
JADWAL KEGIATAN

No.
Waktu
Tempat
Kegiatan
1.
15 Desember 2010
Sekolah
Menetukan kelompok
2.
16 Desember 2010
Sekolah
Mentukan tema
3.
17-19 Desember 2010
Bali
Perjalanan Study Wisata
4.
15 Februari 2011
Sekolah
Menyusun  laporan kegiatan study wisata ke Bali.
5.
19 Februari 2011
Sekolah
Bimbingan pembuatan laporan kegiatan study wisata ke Bali.
6.
20 Februari 2011
Rumah Ganis
Pengetikan laporan kegiatan study wisata ke Bali.
7.
26 Februari 2011
Sekolah
Penyerahan laporan kegiatan study wisata




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar